No Comments

Semua Pertanyaan Anda Mengenai Migrasi dari Oracle Terjawab!

Sameer Kumar I Senior Solution Architect, Ashnik
Singapore, 4 Mar 2016
Sameer_Ashnik

by , , No Comments

4-Mar-2016

Selama beberapa minggu terakhir, kami telah mendapatkan banyak pertanyaan mengenai migrasi dan penggantian oracle. Beberapa pertanyaan tersebut, lebih spesifik kepada migrasi dari database berbasis Oracle untuk biaya yang lebih efektif seperti pilihan Postgres Plus Advanced Server dan beberapa pertanyaan lainnya seputar inisiatif strategis untuk mengganti Oracle dari pusat-pusat data mereka. Kami selalu mendapatkan pertanyaan dari pelanggan yang ingin secara signifikan mengurangi biaya dari penggunaan Oracle dan SQL Server database di Pusat Data mereka, tetapi gelombang yang secara tiba-tiba ini sedikit mengejutkan sekaligus memuaskan bagi kami. Kami menemukan bahwa pergeseran strategi secara tiba-tiba pada beberapa pelanggan dikarenakan spekulasi tentang perubahan dalam hal lisensi Oracle. Alasan lain yang mengarahkan para pelanggan yang dapat kami lihat adalah, sebagian besar pelanggan berencana secara matang untuk mengakhiri ‘End-of-Life’ akhir lisensi Oracle mereka.

Kami memiliki banyak sumber informasi dalam bentuk blog, video dan whitepaper yang dapat membantu dalam menjawab pertanyaan ini. Saya pikir menempatkan sumber informasi secara keselurahan adalah referensi yang mudah bagi mereka yang berencana untuk menghitung biaya dan diversifikasi portofolio RDBMS di pusat-pusat data mereka.

PostgreSQL sendiri adalah database yang cukup relasional serta dilengkapi dengan banyak fitur yang bisa dikembangkan. EnterpriseDB menambahkan kompatibilitas Oracle di atas PostgreSQL dan fitur tambahan lainnya seperti Dyna Tune, SQL Protect, Cache Pre-Warming dan lain-lain, untuk kinerja dan keamanan yang lebih baik.

Dari perspektif DBA, pemahaman dan pengelolaan PostgreSQL cukup sama dengan database lain. Hal ini dikarenakan fakta bahwa PostgreSQL memiliki dasar fundamental dan bersifat relasional yang sama dengan database-database lain. Baca apa saja yang dikemukakan oleh salah satu rekrutan kami dari Oracle DBA brigade “Perjalanan seorang DBA dari Oracle ke Postgres“.

Jika Anda bertanya-tanya tentang fitur dan skalabilitas Postgres Plus Advanced Server, dapat kita lihat bagaimana InMobi, sebuah perusahaan iklan seluler independen terbesar yang telah mampu memberikan miliaran tayangan iklan per bulan dengan EnterpriseDB.

Bagi Anda yang sedang merencanakan migrasi dari Oracle dan khawatir mengenai masalah ketersediaan tinggi dan kehandalan Postgres, buatlah catatan bahwa PostgreSQL memiliki mekanisme kehandalan yang sangat kuat yang sangat mirip dengan database lainnya. Nyatanya anda bahkan dapat melakukan multiplexing file WAL pada server yang sama atau server yang jauh. Postgres memiliki mesin replikasi yang di dibangun dan telah dikembangkan sejak pertama diperkenalkan pada v9.0. Streaming Replication cukup mudah untuk  setup dan dapat digunakan untuk setup redundansi dan mencapai ketersediaan tinggi. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang berbagai ketersediaan tinggi dan DR Option dengan Postgres, baca slide presentasi kami.

Berbicara tentang ketersediaan tinggi dan skalabilitas, pengguna Oracle sering mengalami macet pada RAC yang merupakan cara tidak lazim dalam mengimplementasi ketersediaan tinggi. Baca blog kami untuk mengevaluasi apakah Anda benar-benar membutuhkan solusi jenis RAC untuk mencapai. Dengan Postgres dan tools EnterpriseDB adalah sangat mungkin untuk membangun kemampuan dan ketersediaan tinggi database cluster .

Bagi anda yang telah memikirkan bahwa anda perlu untuk bermigrasi dari SQL server yang ada atau setup Oracle, kami memiliki beberapa sumber referensi yang baik untuk memulai. Baca blog kami mengenai “Bagaimana untuk menyerahkan Oracle dan menyambut Postgres” dan “Mengurangi kendala migrasi dari SQL Server ke PostgreSQL“.

Tentang PostgreSQL dan EnterpriseDB

PostgreSQL merupakan “The Most Advanced Open Source Database dengan kemampuan yang relasional, mendukung ACID, SQL query dan Native replication. EnterpriseDB adalah penyedia tunggal solusi dan layanan berbasis PostgreSQL diseluruh dunia. EnterpriseDB menawarkan produk yang disebut Postgres Plus Advanced Server yang dibangun di atas PostgreSQL serta menawarkan lebih banyak fitur dan kompatibilitas dengan database lainnya. Postgres Plus Advance Server memfasilitasi anda dengan dukungan selama 24 × 7 untuk penerapan Postgres anda dengan harga yang jauh lebih kompetitif.

Bagaimana Ashnik dapat membantu Anda?

Kami bekerja sangat dekat dengan pelanggan kami dan tim kami membantu mereka merencanakan peluncuran fase awal untuk menggantikan Oracle dengan Postgres Plus Advanced Server. Jika Anda memerlukan konsultasi dan layanan lebih lanjut untuk migrasi Oracle atau migrasi SQL Server, kami di Ashnik dengan senang hati akan membantu anda. Oh, dan jangan lupa untuk melihat layanan migrasi kami.

Read the original blog in English language here.

– Sameer Kumar I Senior Solution Architect, Ashnik


Sameer Kumar database Solution Architect bekerja dengan Ashnik. Beliau telah bekerja pada banyak setup kompleks dan tugas migrasi database untuk beberapa pelanggan utama dari industri Ritel, BFSI dan Sektor Telekomunikasi. Beliau telah memiliki sertifikasi PostgreSQL dan EDB Postgres Plus Advanced Server profesional. Ia juga seorang Postgres Trainer tersertifikasi dan telah banyak melahirkan pelatihan untuk batch publik dan perusahaan. Beliau juga fasih dengan database lainnya seperti RDBMS mis DB2, Oracle dan SQL Server dan juga terlatih pada teknologi NoSQL yaitu MongoDB. Beliau telah menjalin hubungan kerjasama yang erat  dengan banyak pelanggan dan membantu mereka membangun platform analisis pada database NoSQL dan bermigrasi dari RDBMS ke MongoDB. Dan dalam waktu senggang, beliau senang menghabiskan waktunya untuk bersepeda di jalanan singapura.


0
0


More from  Sameer Kumar I Senior Solution Architect, Ashnik :
4-Mar-2016